Friday, September 18, 2020

Menghubungkan Mikrotik di GNS3 ke Internet

Pada artikel ini akan membahas cara menghubungkan mikrotik yang terinstall di GNS3 ke internet. Untuk tujuan tersebut dapat dicapai dengan beberapa cara, yaitu dengan memanfaatkan interface loopback atau interface dari virtualisasi. Untuk versi GNS3 tertentu, penggunaan interface loopback untuk mengubungkan mikrotik di dalam GNS3 ke internet sering gagal, sehingga pilihannya adalah memanfaatkan interface dari virtualisasi. Untuk mengimplementasikan kondisi diatas, maka kebutuhan yang perlu dipenuhi adalah:

  1. Memiliki virtualbox yang telah terinstall sehingga pada interface network akan muncul VirtualBox Host Only
  2. Memanfaatkan fitur Internet Connection Sharing (ICS) dari Windows
  3. Memiliki Mikrotik yang sudah terinstall di GNS. Cara install dapat dilihat di artikel MEMBUAT IMAGE MIKROTIK UNTUK GNS3  
  4. Memiliki koneksi internet.


Gambar VirtualBox Host Only


Untuk langkah-langkah menghubungkan Mikrotik di dalam GNS3 ke internet adalah sebagai berikut:

1. Buat koneksi ICS dari interface yang terhubung internet ke interface VirtualBox Host Only

Pada percobaan yang saya lakukan, interface yang terhubung ke internet adalah Wi-Fi, sedangkan interface VirtualBox Host Only adalah pada Ethernet 2. Pada laptop/PC masing-masing mungkin memiliki nama yang berbeda-beda sehingga nanti perlu penyesuaian. Untuk membangun ICS dapat dilakukan dengan tahapan: Klik kanan Wi-Fi -> Properties -> Sharing. Kemudian pada Home Networking Connection pilih Ethernet 2. Selanjutnya tinggal tekan OK. Jika proses tersebut berhasil, biasanya Ethernet 2 akan memiliki IP Address default 192.168.137.1



2. Tambahkan cloud pada GNS3
Cek interface VirtualBox Host Only pada cloud dengan cara Cloud -> klik kanan -> configure


Ethernet 2 yang merupakan interface VirtualBox Host Only pada Laptop sudah muncul dan siap dikoneksikan dengan mikrotik. Jika belum muncul dapat ditambahkan dengan checklist Show special Ethernet interfaces -> Pilih interface -> Add -> Apply -> OK

3. Buat topologi mikrotik-cloud di GNS3

Fitur cloud tersebut akan digunakan untuk memetakan interface VirtualBox Host Only yang ada di Windows selaku host OS virtualisasi. Topologi yang digunakan adalah sebagai berikut:

Pada kondisi tersebut, saya menghubungkan Ethernet 0 pada mikrotik ke interface Ethernet 2 pada Cloud.

4. Konfigurasi IP Address pada Mikrotik
Ethernet 2 pada cloud memiliki IP Address 192.168.137.1 sehingga IP Address pada Mikrotik perlu menyesuaikan subnet pada alamat tersebut. Oleh karena itu, saya mencoba menggunakan IP Address 192.168.137.2/24 pada interface ether1 mikrotik. Perintah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:

ip address add interface=ether1 address=192.168.137.2/24

5. Tambahkan default gateway

Untuk menambahkan default gateway dapat menggunakan perintah berikut:

ip route add gateway=192.168.137.1

6. Tambahkan alamat DNS Server

Pada jaringan yang digunakan pada percobaan menggunakan alamat DNS server 192.168.1.1. Alamat DNS server disesuaikan dengan jaringan amsing-masing. PErintah untuk menambahkan alamat DNS Server adalah sebagai berikut:

ip dns set servers=192.168.1.1

7. Pengujian

Uji koneksi mikrotik ke internet menggunakan ping, contoh: ping www.google.com. Jika sudah terkoneksi, maka proses yang telah kita lakukan berhasil.


Video dapat dilihat disini:




0 comments

Post a Comment