Tuesday, September 22, 2020

Menghubungkan Linux Ubuntu Server di VirtualBox ke Internet

Pada artikel ini akan menjelaskan tentang cara menghubungkan Linux Ubuntu Server yang ada di dalam VirtualBox ke internet. VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi yang sering digunakan dalam proses pembelajaran sistem operasi maupun layanan jaringan. Agar Linux Ubuntu Server yang ada di dalam VirtualBox tersebut dapat terhubung ke internet, perlu adanya pemetaan adapter network yang ada di VirtualBox. Salah satu tujuan menghubungkan Ubuntu Server ke internet adalah digunakan untuk proses instalasi dan update paket. Untuk lingkungan percobaan yang digunakan pada artikel ini adalah

Perangkat Lunak Virtualisasi : VirtualBox 6.1

Sistem operasi pada virtualisasi : Ubuntu Server 19.10 (Eoan Ermine)

Untuk langkah-langkah menghubungkan Ubuntu Server di VirtualBox ke internet adalah sebagai berikut:

1. Pemetaan tipe adapter network

Secara default, adapter network dari ubuntu server yang terinstall di VirtualBos adalah "Internal Network". Tipe tersebut perlu diubah menjadi "NAT". Untuk mengubahnya, sistem operasi ubuntu server harus dalam kondisi OFF. Kemudian klik Setting -> Network -> Attached to : NAT


2. Setting IP Address

Konfiguasi IP Address perlu dilakukan untuk mendapatkan alamat yang sesuai dengan jaringan di lingkungan NAT VirtualBox. Pada jaringan tersebut sebenarnya sudah ada DHCP server, sehingga kita hanya perlu mendapatkan IP Address untuk Ubuntu Server menggunakan perintah dhcp client. Berikut contoh perintahnya:

sudo dhclient enp0s8

enp0s8 adalah interface network yang digunakan oleh laptop pada percobaan. Untuk interface network pada laptop atau PC masing-masing harus disesuaikan.  


3. Setting alamat DNS Server

Agar Ubuntu Server dapat terkoneksi ke internet menggunakan domain, maka perlu konfigurasi alamat DNS Server pada sistem operasi. Cara konfigurasinya adalah sebagai berikut:

- Buka /etc/resolv.conf

    sudo nano /etc/resolv.conf

- Tambahkan alamat DNS server, misalkan alamat DNS Server google

    nameserver 8.8.8.8


4. Pengujian

Lakukan pengujian dengan menggunakan ping, contoh ping www.google.com


Video dapat dilihat disini:



0 comments

Post a Comment