Sunday, September 6, 2020

Membuat image MikroTik untuk GNS3

MikroTik adalah salah satu vendor router yang banyak digunakan karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan vendor lain serta banyaknyanya fitur implementatif yang disematkan pada router tersebut, salah satunya adalah captive portal hotspot. Selain itu kemudahan dalam konfigurasi juga menjadi nilai tambah karena MikroTik dapat dikonfigurasi menggunakan minimal tiga cara berikut:

1. CLI

2. Winbox

3. Web Management

Untuk mempelajari konfigurasi mikrotik dengan menggunakan topologi tertentu, simulator GNS3 dapat dimanfaatkan untuk membentuk simulasi topologi dan konfigurasi router MikroTik. Hal tersebut sangat bermanfaat ketika ketika memiliki jumlah router hardware yang terbatas dan tidak ingin dipusingkan dengan masalah koneksi antar routernya. Namun untuk menggunakan simulator GN3 ini, PC atau laptop kita harus memiliki prosesor dan RAM yang memadai karena resource dari laptop atau PC kita tersebut akan digunakan untuk menjalankan RouterOS MikroTik. 

Sebelum membuat topologi menggunakan MikroTik di GNS3, kita perlu membuat image terlebih dahulu yang kemudian kita jalankan melalui QEMU di GNS3. Beberapa langkah dalam membuat image MikroTik di GNS3 adalah sebagai berikut:

1. Install GNS3.

Silakan download software GNS3 di www.gns3.com

2. Download ISO MikroTik

ISO MikroTik dapat didownload di situs resminya namun hanya akan mendapatkan MikroTik level 0 dan bisa digunakan selama 24 jam

3. Copy ISO MikroTik ke folder dimana qemu.exe dan qemu-img.exe berada

Pada laptopku, file tersebut berada di C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0 , sehingga file ISO MikroTik saya copy ke folder tersebut.

4. Buka cmd sebagai administrator
5. Ganti direktori ke folder ISO MikroTik
C:\WINDOWS\system32>cd C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0
sehingga menjadi
C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0>

6. Buat image MikroTik dengan perintah berikut:
C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0>qemu-img.exe create -f qcow mikrotik.img 256M

image yang terbentuk tersebut berupa file mikrotik.img masih dalam kondisi kosong sehingga perlu diisi dengan RouterOS MikroTik. Untuk cara mengisinya menggunakan langkah berikutnya

7. Mengisi image dengan RouterOS MikroTik

C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0>qemu.exe mikrotik.img -boot d -cdrom "mikrotik.iso"

Setelah mengeksekusi perintah diatas, maka jendela instalasi RouterOS akan berjalan. Untuk menginstall seluruh paket, kita hanya perlu menekan tombol "A". Selanjutnya instalasi dengan menekan tombol "i". Kemudian akan muncul pertanyaan-pertanyaan terkait konfigurasi instalasi dan jika kita menggunakan default maka cukup tekan tombol "Y" dan biarkan instalasi selesai.

8. Setelah instalasi selesai, maka kita dapat mencoba hasilnya dengan perintah berikut:

C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0>qemu.exe mikrotik.img -boot c

Jika instalasi berhasil, maka akan muncul username dan password untuk login ke MikroTik. secara default, user-nya adalah "admin" dengan password kosong.


Untuk memasukkan image MikroTik yang telah diinstall ke dalam GNS3, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Buka menu Edit > Preferences

2. Pilih Qemu VMs > New

3. Isikan nama hardware simulator MikroTik, misalkan diisi dengan "RouterMikrotik"    

4. Tekan Next dan isi RAM yang dialokasikan untuk MikroTik tersebut

5. Tekan Next dan pilih tipe console telnet

6. Tekan Next dan isi path image MikroTik

C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0\mikrotik.img 

Sesuaikan dengan path laptop masing-masing

 7. Finish dan MikroTik sudah siap dijalankan pada project GNS3




0 comments

Post a Comment