Sunday, March 22, 2020

Mengenal Google Search Console

Google Search Console adalah platform gratis yang disediakan oleh google untuk memonitor kinerja dari website yang telah didaftarkan. Google Search Console sebelumnya bernama Google Webmaster Tools yang memiliki fungsi serupa. Selain untuk memonitoring kinerja website, Google Search Console juga digunakan untuk fungsi Search Engine Optimization (SEO). Secara garis besar, platform Google Search Console dapat digunakan untuk:

1. Identifikasi broken link
Broken link atau tautan yang rusak pada website berpengaruh pada kualitas dan performa dari website tersebut. Broken link dapat disebabkan oleh banyak hal sehingga kadang untuk mendeteksinya agak merepotkan jika dilakukan secara manual. Google Search Console  mampu membantu kita untuk mengetahui broken link pada website kita

2. Submit Sitemap
Google Search Console dapat membantu kita agar website kita dapat di-crawl oleh mesin pencari google. Cara yang dilakukan adalah dengan submit sitemap dengan isi berupa alamat domain website kita. Setelah melakukan submit sitemap maka website akan dikenali oleh mesin pencari google dapat dapat ditemukan melalui halaman pencarian google.

Untuk menambahkan website kita pada Google Search Console, langkah-langkah yang dapat digunakan adalah:
1. Login ke URL ini Google Console  menggunakan akun google
2. Klik Start Now
3. Add property
4. Masukkan domain yang akan disubmit
5. Continue 

Jika berhasil, maka akan mendapatkan tampilan seperti berikut:




  

0 comments

Post a Comment