Wednesday, February 26, 2020

Teknologi Virtualisasi pada Server



Sumber: publicdomainvectors.org

Infrastruktur server secara fisik merupakan komputer dengan spesifikasi high-end yang mampu diakses dan mampu melayani kebutuhan user. Karena merupakan komputer dengan spesifikasi high-end maka biaya pengadaannya pun cukup terbilang mahal. Selain itu biaya pemeliharaan (maintenance) untuk server online juga mahal. Oleh karena itu, kemunculan teknologi virtualisasi mampu memberikan kemudahan terhadap kebutuhan server. Layanan virtualisasi biasanya dijual oleh provider dengan harga yang lebih murah dibandingkan harus membangun server sendiri. Teknologi virtualisasi sendiri terdiri dari 1 komputer server yang didalamnya terdapat perangkat lunak yang mampu menciptakan satu atau lebih komputer virtual dengan spesifikasi yang dapat di kustom. Agar komputer server virtual tersebut dapat berkomunikasi dan menggunakan sumber daya dari komputer fisiknya, maka diperlukan hypervisor. Jenis virtualisasi sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:
1. Teknologi virtualisasi dengan Bare Metal Hypervisor
Hypervisor pada jenis virtualisasi ini tidak membutuhkan host OS untuk menciptakan lingkungan virtualisasi. Hypervisor berkomunikasi dan mengakses sumber daya server fisik secara langsung dan dibagi kepada guest OS yang berada diatasnya. Gambaran komunikasi virtualisasi ini secara sederhana adalah sebagai berikut:
Hardware server - Hypervisor - guest OS
Contoh teknologi virtualisasi jenis ini adalah XEN/Citrix, VMware vSphere, dan sebagainya.

2. Teknologi virtualisasi dengan Hosted Hypervisor
Pada virtualisasi jenis ini, hypervisor membutuhkan sistem operasi yang digunakan sebagai host untuk menciptakan lingkungan virtualisasi. Secara sederhananya, hypervisor harus berjalan diatas sistem operasi, sehingga jika digambarkan, komunikasi yang terjadi adalah sebagai berikut:
Hardware server- Host OS - Hypervisor - guest OS.
Contoh teknologi virtualisasi jenis ini adalah Virtualbox, VMware work station, dan sebagainya

0 comments

Post a Comment