Wednesday, February 26, 2020

Jenis Layanan Cloud Computing

Sumber: wikipedia.org


Cloud Computing merupakan teknologi yang digunakan untuk mempermudah pengelolaan dan transaksi data. Untuk saat ini, teknologi cloud computing sudah umum digunakan di masyarakat untuk menunjang kegiatan baik pribadi maupun bisnis perusahaan. Salah satu layanan cloud computing yang cukup populer adalah layanan pada google drive. Namun secara garis besar, teknologi cloud computing sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:
1. Software as Service (SaS)
Software as Service (SaS) merupakan teknologi cloud computing yang memberikan layanan kepada user berupa tempat penyimpanan data dan aplikasi pengolahnya yang diakses secara online. Contoh cloud computing jenis ini adalah Google Doc, Google Spreadsheed dan sebagainya.
2. Platform as Service (PaS)
Provider atau penyedia cloud computing dengan kategori Platform as Service (PaS) memberikan lingkungan untuk pengembangan aplikasi maupun fitur cloud computing. Pengguna umumnya menyewa layanan tersebut dengan tujuan untuk mengembangkan aplikasi maupun fitur cloud computing tanpa harus menyiapkan sendiri infrastruktur yang digunakan. Selain itu, proses pemeliharaan lingkungan tersebut biasanya menjadi tanggung jawab dari penyedia Platform as Service (PaS). Contoh dari Platform as Service (PaS) adalah IBM Bluemix.
3. Infrastructure as Service (IaS)
Cloud computing jenis ini menyediakan infrastruktur virtual yang dapat digunakan oleh user untuk mengembangkan host cloud computing beserta aplikasi dan fiturnya. Provider layanan ini akan menyediakan semacam komputer virtual yang memiliki spesifikasi tertentu terkait sistem operasi, CPU, RAM, storage dan sebagainya.    

0 comments

Post a Comment