Monday, February 17, 2020

Custom Domain ke Blogspot

Perusahaan biasanya menggunakan website sebagai media marketing dan branding, baik pada sisi produk maupun reputasi perusahaan tersebut. Untuk saat ini, website merupakan sarana yang efektif dan efisien di era teknologi yang serba online. Bagi perusahaan besar yang membutuhkan banyak aplikasi untuk mendukung proses bisnis perusahaan, penggunaan dedicated server merupakan pilihan yang tepat. Bagi perusahaan dengan dana terbatas namun memerlukan aplikasi pendukung proses bisnis, penggunaan layanan hosting dan domain dapat menjadi alternatif pilihan lain. Sedangkan perusahaan yang hanya ingin menggunakan website untuk menampilkan profil perusahaan, ada cara yang lebih murah daripada menggunakan layanan hosting dan domain. Metode yang digunakan untuk untuk website profil perusahaan adalah dengan menggunakan layanan domain yang diintegrasikan dengan layanan blog seperti blogspot (blogspot.com). Untuk membangun website profil perusahaan tersebut, maka kebutuhan yang harus disediakan adalah:
1. Domain TLD (Top Level Domain)
2. Blog dari blogspot.com

Untuk membangun website profil perusahaan tersebut, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan antara lain:
1. Membeli domain TLD
Domain TLD dapat dibeli di banyak penyedia layanan hosting dan domain. Harga domain TLD mulai dari Rp. 14.000,- sampai dengan ratusan ribu per tahun. Untuk nama domain sendiri tergantung pada ketersediaan karena mungkin saja nama yang diinginkan sudah digunakan oleh perusahaan atau orang lain. Oleh karena itu, perlu menyiapkan beberapa alternatif domain

2. Konfigurasi Domain
Untuk melakukan konfigurasi domain, maka kita perlu login terlebih dahulu ke zona klien dari penyedia domain kita. Umumnya konfigurasi dapat dilakukan melalui menu DNS Management atau Domain Management. Untuk contoh file konfigurasi dapat dilihat pada gambar berikut:



A record dari blogspot adalah:
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Dua baris konfigurasi terbawah didapat dari parameter di blogspot pada menu setting -> basic. Hal tersebut dapat dijelaskan pada gambar berikut:






0 comments

Post a Comment